otomotif

Apa Kelebihan Mesin Toyota Sienta?

PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis Toyota Sienta di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4/2016). MPV ini menggendong mesin yang berasal dari ‘keluarga’ yang sama dengan Toyota Avanza.

Lantas, apakah yang membedakan keduanya? Menurut Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT TAM, terdapat setidaknya tiga perbedaan antara keduanya. Ketiganya adalah sistem penggerak, asal produksi, dan output yang dihasilkan.

“Toyota Sienta penggerak roda depan, satunya lagi (Avanza) penggerak roda belakang. Jadi kalaupun mesinnya sama-sama NR, tapi tipenya beda. Sienta 2NR-FE, Avanza 2NR-VE,” ujarnya kepada

Kemudian, perbedaan kedua adalah asal mesin. “Produksinya juga beda. Kalau Sienta produksinya Karawang, kalau Avanza di pabrik Daihatsu. Jadi cc-nya sama-sama 1.500. Sama-sama dual VVT-i,  tapi beda asal,” tambahnya.

 Rouli menambahkan, mesin dual VVT-i yang ada di Avanza terdiri dari dua varian, 1,3 liter dan 1,5 liter. Sementara mesin Sienta hanya tersedia dalam varian 1,5 liter di Indonesia.

“Perbedaan ketiga output yang dihasilkan berbeda,” tambah Rouli. Sementara Sienta mesinnya hasilkan tenaga 105 Tk dan torsi 140 Nm, mesin Avanza hasilkan 102 Tk
136 Nm.

Sebetulnya ada perbedaan lain di antara keduanya. Dari gambar, diketahui beberapa posisi komponen mesin berbeda seperti posiai oli dan koil. Mesin Sienta juga sudah memakan bahan aluminium, sementara Avanza masih menggunakan baja biasa.

baca juga mengenai fitur keamanan toyota all new sienta

Related Post